Cerita Temwil MITI-KM : Peluang Kelompok Studi Mahasiswa

Tanggal 23 November 2013 Alhamdulillah mendapat kesempatan untuk berkunjung ke Universitas Negeri Semarang (UNNES)  dalam rangka menghadiri Temu Wilayah Masyarakat Ilmuan dan Teknolog Indonesia Klaster Mahasiawa (MITI-KM) Jawa Tengah-DIY. Kegiatan ini merupakan  agenda tahunan MITI-KM yang dijadikan sebagai momen untuk saling berbagi dan sharing antar sesama Kelompok Studi Universitas (KSU) yang ada di wilayah Jawa Tengah – DIY. Acara ini diselanggarakan selama 2 hari yakni pada tanggal 23 dan 24 November 2013 dengan berbagai macam kegiatan yang keren didalamnya.

Pembukaan dimulai pada sekitar pukul 16.30 WIB. Sebenarnya jadwal ini molor yang sebelumnya dijadwalkan   pada pukul 15.30, tapi karena peserta dari beberapa kampus belum tiba di kampus UNNES. Akhirnya Acara Temu Wilayah ini dibuka kemudian dilanjutkan dengan sambutan Ketua MITI-KM Pak Heru Edi Kurniawan S.Pd., M.Pd dilanjutkan sambutan Koordinator Wilayah Jateng-DIY oleh Pak Muhammad Khafid, ST., MT. Sambutan luar biasa dari para punggawa MITI-KM yang cukup hangat di depan peserta perwakilan KSU masing-masing kampus Jateng-DIY.  Karena waktu yang singkat dan mendekati waktu ibadah Sholat magrib, maka acara pun ditutup sementara kemudian dilanjutkan dengan kegiatan yang selalu ditunggu, yakni Ishoma.

Waktu ishoma pun berakhir, kemudian peserta kembali ke Aula Student Center UNNES di lantai 2 untuk mengikuti acara keren  selanjutnya, Talk Show dengan tema “Peran KSU dalam pengembangan Daya Saing Bangsa” dengan pembicara Bapak Asep Muhammad Samsudin, ST., MT seorang Researcher sekaligus dosen Teknik Kimia Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.
Awalnya cukup heran juga dengan pembicaranya, karena usia yang masih muda beliau sudah menyelesaikan studi sampai tingkat master. keren pak…
Materi yang disampaikan oleh Pak Asep sangat keren yang pada intinya KSU dapat menjadi salah satu elemen yang akan memberi sumbangsih besar untuk memajukan iklim research yang ada di kalangan akademisi dan praktisi di Indonesia tercinta.
Di awal-awal pemaparan, beliau menyampaikan bahwa betapa besar potensi yang dimiliki bangsa ini. Mulai sumber daya manusia yang melimpah hingga sumber daya alam yang terhampar di belahan bumi nusantara sangat beragam dibandingkan dengan negara lain. Salah satu potensi yang dimiliki bangsa ini yakni potensi dalam bidang Ekonomi, dan Tenaga profesional terlatih. Lebih lanjut Pak Asep menjelaskan bahwa bonus demografi yang dimiliki Indonesia di tahun 2015-2030. Yakni pada range  tahun tersebut Indonesia akan didominasi oleh usia-usia produktif. Dimana usia anak kecil sedikit dan usia manusia lanjut Indonesia sangat minim. Usia produktif  adalah dimulai usia 17 Tahun – usia 45 Tahun, dimana orang-orang tersebut masih kuat dan produktif dalam bidang masing-masing. Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa kondisi pernah terjadi di negara Cina sekitar tahun 70-an 80-an dan yang dilakukan oleh mereka adalah berinvestasi secara besar-besaran dalam dunia pendidikan dan research. Dan hasilnya mereka telah rasakan sekarang. Pak Asep menjelaskan bahwa walaupun jumlah penduduk mereka terbesar di dunia sekitar 1,3 Miliyar orang, tapi mereka sukses karena dapat mengkaryakan penduduk rakyat mereka untuk produktif berkarya sehingga tidak menjadi beban negara. Mudah-mudahan para pemegang kekuasaan di negeri ini dapat mencontoh RRC dalam mengelolah potensi alam dan SDM-nya.

Nah, tugas kita sebagai mahasiswa yang katanya salah satu elemen intelektual bangsa dapat memaksimalkan potensi dan kapasitas diri. Salah satunya dengan menjadi mahasiswa cerdas dan dapat berkontribusi nyata kepada masyarakat sekitar dengan kompetensi masing-masing. Nah untuk menuju untuk berkarya maka diperlukan sebuah wadah atau komunitas, yakni KSU untuk saling berbagi dang bergerak bersama-sama menemukan solusi untuk masyarakat berbasis research .
Salam Akademisi : Berfikir Cerdas, Berhati Ikhlas, Kerja Keras !

Posted on November 26, 2013, in Mahasiswa dan Dakwah, Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. punggawa2 yg telah master2,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: