Memahami Nonaka’s Konsep Dengan Menerapkannya Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Memahami Nonaka’s Konsep Dengan Menerapkannya Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Ikujiro Nonaka membuat rumusan yang dikenal dengan sebutan SECI atau knowledge spiral. Konsepnya adalah sebagai berikut : dalam siklus perjalanan kehidupan kita, pengetahuan itu mengalami proses yang digambarkan berbentuk spiral. Proses itu disebut dengan Socialization-Ekseternalization-Combination-Internalization.

 

Nonaka’s Concept

 nonaka's

 

a. Proses sosialisasi (Socilization), yakni mengubah tacit knowledge ke tacit knowledge lain.

Misalnya : Ketika saya menjadi asisten praktikum, saya memanfaatkan posisi saya untuk bisa belajar lebih mendalam kepada dosen, rekan-rekan asisten dan mahasiswa praktikan. Dengan demikian pengetahuan yang saya miliki lebih terasa dan juga meningkatkan kapasitas diri.

 

b. Proses eksternalisasi (Externalization), yaitu mengubah tacit knowledge yang kita miliki menjadi explicit knowledge.

Misalnya : Pengetahuan dan pengalaman saya sebagai asisten praktikum dalam bidang pemrograman, saya mencoba dokumentasikan dengan menuliskan ke dalam bentuk artikel dan di post pada blog saya. Sehingga harapannya tulisan-tulisan tersebut akan sangat bermanfaat bagi orang lain.

c. Proses kombinasi (Combination), yaitu memanfaatkan explicit knowledge yang ada untuk diimplementasikan menjadi explicit knowledge yang lain.

Misalnya : Saat menjadi asisten praktikum saya mencoba menangkap pengetahuan dosen, rekan-rekan asisten, serta mahasiswa melalui diskusi, pemecahan masalah. Kemudian kesimpulan disampaikan pada saat presentasi, serta dapat juga mendokumentasikan dalam bentuk artikel yang nantinya dapat disebarluaskan

d. Proses Internalisasi (Intenalization) yakni mengubah explicit knowledge sebagai inspirasi datangnya tacit knowledge.

Misalnya : Selama menjadi asisten praktikum saya sering berlatih. dengan memanfaatkan sumber dari buku yang ada, saya mulai belajar, mulai menganalisis dan saya menemukan pengalaman baru, pemahaman baru yang mungki tidak saya dapatkan jika tidak membaca buku tersebut

 

Posted on Maret 13, 2013, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. tulisan bagus, tapi saya sulit dapatkan yang lebih lengkap.

  2. butuh inspirasi dari abang, ditunggu bang tulisannya laagi

Tinggalkan Balasan

