Bagaimana Mengatur Hak dan Kewajiban Sebagai Warga Masyarakat Kampus Dalam Kehidupan Sehari-Hari ?

  1. A.    Pengertian Hak dan Kewajiban Warga/Masyarakat

Hak adalah kekuasaan seseorang untuk melakukan sesuatu yang telah ditentukan oleh undang-undang. Misalnya hak menyampaikan pendapat, hak untuk hidup layak, hak untuk menerima pendidikan dasar, dan lain-lain. Sedang, Kewajiban adalah sesuatu yang harus dikerjakan. Misalnya, wajib membayar pajak pada negara, wajib mematuhi peraturan lalu lintas.

Menurut Prof. Notonagoro, Hak adalah kuasa untuk menerima atau melakukan suatu yang semestinya diterima atau dilakukan melalui oleh pihak tertentu dan tidak dapat dilakukan oleh pihak lain manapun juga yang pada prisnsipnya dapat dituntut secara paksa olehnya. Menrut pengertian tersebut, jika kita kontekskan dengan hak sebagai masyarakat kampus dalam hal ini adalah mahasiswa, jika menerima hak-hak mereka hendaknya dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku pada kampus dimana mahasiswa tersebut belajar.sedang kewajiban adalah untuk memberikan sesuatu yang semestinya dibiarkan atau diberikan melalui pihak tertentu, tidak dapat oleh pihak lain manapun yang pada prisnsipnya dapat dituntut secara paksa oleh yang berkepentingan. Kewajiban pada intinya adalah sesuatu yang harus dilakukan. Misal pada individu mahasiswa, maka sudah menjadi kewajiban mereka untuk melaksanakan pembayaran dana akademik sesuai aturan yang berlaku pada universitas tersebut yang dalam hal ini yaitu STMIK AMIKOM Yogyakarta.

  1. B.     Hak dan Kewajiban Mahasiswa STMIK AMIKOM Yogyakarta

Demi Tercapainya interaksi yang positif antara civitas akademika di lingkungan STMIK AMIKOM Yogyakarta, Serta mengacu pada pedoman pada peraturan pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 1999 tentang pendidikan tinggi maka di atur ketentuan akademik sebagai berikut :

  1. 1.      Hak Mahasiswa

Mahasiswa adalah mahasiswa AMIKOM yang merupakan unsur dari civitas akademika. Mahasiswa yang memenuhi syarat administratif dan akademik berhak atas :

  1. Kesempatan mengikuti kuliah, praktikum dan kegiatan akademik lainnya menurut kurikulum dan jadwal yang berlaku
  2. Menempuh ujian baik ujian tengah semester maupun akhir semester
  3. Merencanakan kegiatan setiap semester bersama dengan dosen pembimbing yang ditunjuk
  4. Menjadi anggota perpustakaan setelah memenuhi ketentuan khusus tentang keanggotaan perpustakaan
  5. Menjadi anggota dan pengurus organisasi kemahsiswaan dan mengikuti kegiatan ekstra kurikuler
  6. Mendapatkan pelayanan di bagian administrasi, perpustakaan dan sebagainya
  7. Berhak mengambil cuti kuliah
  8. Menerima ijazah tepat pada waktunya sesuai ketentuan yang berlaku
  1. 2.      Kewajiban Mahasiswa

Disamping hak-hak yang diberiikan kepada mahasiswa, maka sebagai kosekuensinya mahasiswa dituntut memenuhi kewajiban-kewajiban antara lain :

  1. Menjunjung tinggi dan ikut memajukan mutu serta nama amikom di dalam maupun luar kampus.
  2. Tidak mencemarkan nama pimpinan, dosen, karyawan, dan seluruh civitas akademika
  3. Menyiapakan diri untuk secara terus-menerus mengikuti kegiatan akademik yang diselenggarakan
  4. Menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dosen tepat pada waktunya
  5. Bertingkah laku, berdisiplin dan bertanggung jawab sehingga suasan belajar mengajar tidak terganggu
  6. Tidak merusak dan menyebabkan kerusakan sarana dan prasarana yang ada di AMIKOM
  7. Bernampilan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
  8. Mentaati ketentuan adminstrasi dan akademis yang berlaku.

(Sumber : Buku Panduan Akademik 2010-2011)

  1. C.    Mengatur Hak dan Kewajiban Sebagai Warga Masyarakat Kampus Dalam Kehidupan Sehari-Hari

            Hak dan kewajiban adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan dalam tatanan kehidupan berbangsa atau berkelompok. Karena jika individu menuntut hak mereka, maka ini wajar saja, tetapi jangan lupa dengan kewajiban yang dibebankan oleh Univesitas dalam hal ini STMIK AMIKOM Yogyakarta. Karena pada prinsipnya ada keseimbangan antara hak dan kewajiban warga masyakat kampus kepada pihak universitas. Dengan adanya keseimbangan antara hak dan kewajiban diharapkan dapat berjalannya kehidupan yang harmonis antara mahasiswa dengan pihak universitas.

Agar dapat mengatur Hak dan Kewajiban masyarakat kampus sehari-hari maka telah dibuat aturan sebagaimana yang ada pada Buku Panduan Akademik. Dalam tulisan ini masyarakat kampus dibatasi hanya pada hak dan kewajiban mahasiswa. Berikut Penjabaran hak sebagai mahasiwa :

  1. 1.      Kesempatan mengikuti kuliah, praktikum dan kegiatan akademik lainnya menurut kurikulum dan jadwal yang berlaku.

Dalam hal ini sudah menjadi hak mahasiswa untuk dapat memperoleh pengajaran yang sebaik-baiknya dan layanan bidang akademik sesuai dengan minat, bakat, dan kegemaran mahasiswa.

  1. 2.      Menempuh Ujian Baik Ujian Tengah Semester Maupun Akhir Semester

Untuk dapat mengevaluasi hasil belajar mengajar yang telah dilakuakan oleh mahasiswa, maka mereka berhak untuk mengikuti ujian tengah semester dan Ujian Akhir Semester yang kemudian hasil belajar mengajar tersebuat tertuang dalam bentuk Nilai. Adapun nilai tersbut yakni nilai ‘A’, ‘B’, ‘C’, ‘D’, dan ‘E’

  1. 3.      Merencanakan kegiatan setiap semester bersama dengan dosen pembimbing yang ditunjuk

Mahasiswa disini dapat merencanakan studi yang akan dilaksanakan untuk periode semester yang akan mereka lalui. Untuk memudahkan proses perencanaan yang dilakukan maka mahasiswa akan didampingi oleh seorang dosen pembimbing yang ditunjuk yang kita kenal dengan dosen wali.

  1. 4.      Menjadi anggota perpustakaan setelah memenuhi ketentuan khusus tentang keanggotaan perpustakaan

Mahasiswa berhak untuk menjadi anggota perpusatakaan STMIK AMIKOM Yogyakarta yang didalamnya mereka dapat melakukan aktivitas sesuai ketentuan pada perpustakaan. Misalnya : memijam buku, mengembalikan buku, meminjam CD , dan lain-lain.

  1. 5.      Menjadi anggota dan pengurus organisasi kemahsiswaan dan mengikuti kegiatan ekstra kurikuler

Telah menjadi hak mahasiswa yang dijamin oleh Universitas untuk dapat menjadi anggota dan pengurus organisasi dan kegiatan ekstrakurikuler. Hal ini dilakukan untuk dapat melatih soft skil mahasiswa yang biasanya tidak didapatkan pada bangku kuliah

  1. 6.      Mendapatkan pelayanan di bagian administrasi, perpustakaan dan sebagainya

Hak mahasiswa untuk mendapatkan pelayanan yang sebaik-baiknya dari pihak uiversitas.

  1. 7.      Berhak mengambil cuti kuliah

Dalam perjalananya mahasiswa mendapat kendala, atau karena kepentingan yang lain sehingga memaksa mahasiswa untuk melanjutkan sementara studi (cuti kuliah)

  1. 8.      Menerima ijazah tepat pada waktunya sesuai ketentuan yang berlaku

Ketika mahasiswa telah menyelesaikan studinya, maka mereka berhak untuk mendapat ijazah tepat pada waktunya sesuai ketentuan yang berlaku.

Berikut Penjabaran Kewajiban Sebagai Mahasiswa :

  1. 1.      Menjunjung tinggi dan ikut memajukan mutu serta nama amikom di dalam maupun luar kampus

Kewajiban mahasiswa agar menjunjung tinggi dan ikut memajukan mutu serta nama Amikom. Hal ini dilakukan agar mahasiswa hendaknya dapat menjadi cerminan universitas yang intelektual dan berbudi luhur.

  1. 2.      Tidak mencemarkan nama pimpinan, dosen, karyawan, dan seluruh civitas akademika

Kewajiban sebagai mahasiswa agar tidak mencemarkan nama pimpinan, dosen, karyawan, dan seluruh civitas akademika. Jika dalam perjalanan dalam proses yang ada di dalam universitas, ternyata banyak kekeliruan antrara mahasiswa dan universitas maka hendaknya diselesaikan kekeluargaan dengan berdialog mencari jalan keluarnya.

  1. 3.      Menyiapakan diri untuk secara terus-menerus mengikuti kegiatan akademik yang diselenggarakan

Kewajiban mahasiswa agar menyiapkan diri dalam mengikuti kegiatan akademik. Hal ini penting agar mahasiswa dapat menyelesaikan studi tepat waktu sehingga pihak universitas tidak terbebani untuk mengurus mahasiswa yang bermasalah karena telah lewat masa studi maksimal yang telah ditentukan.

  1. 4.      Menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dosen tepat pada waktunya

Sebagai mahasiswa berkewajiban untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dosen tepat waktu yang telah ditentukan. Hal ini penting agar proses belajar dengan pegembangan kreativitas dapat terasah melalui pemberian tugas oleh dosen.

  1. 5.      Bertingkah laku, berdisiplin dan bertanggung jawab sehingga suasana belajar mengajar tidak terganggu

Mahasiswa berkewajiban untuk bertingkah laku, berdisiplin dan bertanggung jawab sehingga suasana belajar mengajar tidak terganggu. Hal ini dilakukan agar mahasiswa dapat sama-sama saling menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungan kampus.

  1. 6.      Tidak merusak dan menyebabkan kerusakan sarana dan prasarana yang ada di AMIKOM

Mahasiswa harus menyadari bahwa prasarana dan fasilitas kampus adalah milik bersama. Sehingga masing-masing individu  bertanggung jawab untuk merawat, menjaga, dan memelihara prasarana dan fasilitas kampus demi kepentingan bersama.

  1. 7.      Bernampilan sesuai dengan ketentuan yang berlaku

Mahasiswa berkewajiban untuk berpenamilan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di lingkungan STMIK AMIKOM. Dimana setiap mahasiswa diwajibkan untuk menggunakan dasi dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di kampus. Sedang mahasiswi berpenamilan sewajarnya.

  1. 8.      Mentaati ketentuan adminstrasi dan akademis yang berlaku.

Mahasiswa berkewajiban untuk mentaati ketentuan administrasi dan akademis yang berlaku. Hal ini penting agar proses belajar mengajar dapat berjalan sebagaimana mestinya. Misalnya jika tiba waktu untuk pembayaran admnistrasi prkuliahan hendaknya mahasiswa menyelesaikan pembayaran tersebut tepat pada waktunya.

Posted on Februari 10, 2013, in Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. (y), sungkan tingkah aneh2 dikampus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: